12 Jenis Ikan Koi Yg Banyak Dibudidayakan Di Indonesia

DEWITANI – Ikan koi – Merupakan rajanya ikan air tawar lantaran mempunyai harga jual yang fantastis pada pasaran, koi mempunyai berukuran tubuh relatif besarmenggunakan beranekagram warna. Ikan ini termasuk ikan yg tidak militan, gampang berdampingan menggunakan jenis ikan lain jika berada pada satu loka, ikan koi memakan segalanya (hewan pemakan daging dan tumbuh-tumbuhan) .

Di negara asalnya koi sebagai semacam simbol cinta & persahabatan. Di Indonesia sendiri ikan koi menjadi salahsatu ikan hias yang poly diminati karena bentuk badan serta warnanya yg latif, selain itu koi jua dianggap membawa Keberuntungan.

Berdasarkan warnanya, ikan koi terbagi menjadi empat gerombolanbesaryakni :Kelompok warna tunggal atau polos.Kelompok komposisi dua warna.Kelompok komposisi warna 3 warna.Kelompok komposisi multi rona.Jenis-jenis Ikan Koi

Ikan koi masih satu jenis menggunakan ikan mas (Cyprinus carpio) coraknya aja yg tidak sama. Dinegara Sumbernya Jepang, ikan koi di klasifikasikan ke pada 12 kategori yakni kohaku, taisho-sanke, showa-sanshoku, shiro, utsuri, shusui, asagi, goromo, goshiki, bekko, tancho, kinginrin, dan kawarimono.Kohaku

Ikan koi kohaku mempunyai warna dasar putih menggunakan belang merah di bagian kepala, punggung dan ekor. Belang merah yang terdapat disisiknya dapat digunakan sebagai penentu muti berdasarkan jenis koi ini. Kohaku yg memiliki indikasi merah ukuran kecil disebut dengan Komoyo, sedangkan yg ukuran besardisebut menggunakan Omoyo.

Kohaku bisa dikatakan berkualitas apabila mempunyai rona putih yg bersih sedangkan merahnya berwarna merah darah. Belang merah di kepala harus berbentuk bundar , posisinya seimbang antara bagian kiri & bagian kanan, tidak meluas hingga ke bagian mata, hidung atau pipi, punggung & ekornya haruk memiliki komposisi rona yang sama.

Ada beberapa jenis yg termasuk pada spesies kohaku, diantaranya Tancho Kohaku (Memiliki belang bundarpada kepala), Hanatsuki  (Memiliki belang merah di bagian lisan),  Menkaburi (mempunyai belang merah pada bagian pipih), Ojima (Memiliki belang merah di bagian ekor), Gotenzakura (bercak merah pada bagian ketua & punggung), Fuji Kohaku (mempunyai ketua perak berkilauan), Shiromuji (berwarna putih higienis), Akamuji/Higoi (berwarna merah polos), Aka Hajiro (tubuh merah sirip putih), menkaburi (semua kepala berwarna merah), dan Sarasa (memiliki bercak merah & putih di punggung).TAISHO-SANKE

Merupakan koi yg memiliki 3 rona yakni  dasar putih dengan belang hitam & merah. Kepalanya sebagian berbelang merah akan tetapi nir hingga ke daerah mata, rahang, pipi atau menutupi hidunng, sedangkan ekornya berwarna putih.

Ikan koi jenis Taisho Sanke dapat dikatakan berkualitas baik bila bagian kepalanya tidak memiliki belang hitam, sedangkan pada bagian punggungnya berbelang merah akbar, siripnya berwarna putih dengan jumlah garis hitam dua atau 3 butir.

Berdasarkan warnanya Taisho Sanke digolongkan sebagai beberapa jenis yakni, Tsubo-sumi (warna dasar putih dengan belang hitam), Aka-Sanke (sebagian punggung menggunakan belang merah dan hitam  yang memanjang dari kepalahingga ekor), Kasane-Sumi (dasar merah dengan belang hitam), Fuji-Sanke (ketua berwarna keperakan), Tancho-Shanke (sebagian kepala berbelang hitam, punggung berbelang hitam dan merah, siripnya berwarna putih), & masih poly lagi lainnya.SHOWA-SANSHOKU

Merupakan kelompok koi berkulit hitam menggunakan pola belang merah dan belang putih.  Pada biasanya Showa sanshoku memiliki karakteristik-ciri belang merah berukuran besar& belang hitam yang memiliki 2 bentuk, yakni berbentuk alfabet“V”  & “U” di area hidungnya, sedangkan belang yg berada pada bagian punggung umumnya hanya alur lurus memanjang ke arah belakang. Siripnya bisa berwarna putih, hitam & merah, Berbeda menggunakan jenis lainnya Showa Sanshoku bisanya memiliki tanda hitam dalam siripnya.

Berikut ini jenis-jenis berdasarkan Showa Sanshoku :Tancho ShowaBokke-showaHi-ShowaKindai-ShowaDoitsu-ShowaKorono-showaKanoko-showaShowa-shusuiKage-showaKin-showaGin-showaKinginrin-showaKin-showaTancho-shwowaBekko

Bekko memiliki rona dasar putih, merah menggunakan bintik-bintik atau berbentuk pola hitam. Adapun yang membedakan antara Bekko dengan Utsuri merupakan polanya.

Koi jenis Bekko dalam umumnya memiliki belang di area kepalanya yg memanjang membentuk alfabet“V” di daerah hidung sedangkan Utsuri pada bagian kepalanya masih ada belang hitam berbentuk bulat. Bekko memiliki warna dasar putih dengan belang hitam sedangkan utsuri mempunyai warna dasar hitam dengan belang merah.

Berikut ini jenis ikan koi yang termasuk kedalam kelompok Bekko :Shiro-Bekko (Cirinya : memiliki warna dasar putih, nir ada belang merah, pangkal sirip dadanya dilengkapi dengan garis-garis)Aka –Bekko (Cirinya : mempunyai rona merah dengan belang hitam)Ki-bekkoKinginrin-BekkoTora-ogonUTSURIMONO

Ikan jenis ini mempunyai warna dasar hitam menggunakan belang putih,kuning, & merah. Ada juga yg mempunyai rona dasar merah keemas-emasan dengan sirip berwarna hitam, atau tidak mempunyai rona hitam sama sekali.

Kelompok yang termasuk kedalam jenis ini adalah :Shiro-UtsuriKi-UtsuriHi-utsuriASAGI

Asagi mempunyai makna cahaya biru dalam bahasa jepang. Asagi mempunyai pola warn biru berkilauan pada bagian punggung, & adajuga yg dilengkapi belang merah. Yang tersebar di bagian tubuh samping, pipi & pangkal siripnya.

Pada umunya kepala asagi berwarna putih bersih atau biri tanpa bintik-bintik, sisiknya berwarna biru disetiap tepinya masih ada bundar putih, sehingga secara keseluruhan terliat seperti membangun jaring.

Asagi memiliki beberapa jenis diantaranya menjadi berikut :Konjo-AsagiAsagi-SankeMizu-AsagiTake-AsagiShusui

Merupakan hasil berdasarkan kawin silang antara ikan koi jenis Asagi-Sanke menggunakan Doitsu. Shusui mempunyai ciri-ciri yakni, memiliki ketua dan punggung berwarna biru, sedangkan dalam ujung hidung, pipi & pangkal sirip berwarna merah darah. Sisiknya berwarna biru menggunakan susunan bertipe Doitsu yakni susunan sisiknya teratur terutama sisik bagian punggung. Di setiap bagian sisiknya masih ada lingkaran kecil berwarna putih sebagai akibatnya secara keseluruhan misalnya membentuk misalnya jaring.

Shusui mempunyai beberapa jenis antara lain menjadi berikut :Ki-ShusuiMatsoba-DoitsuGi-ShusuiHanap-ShusuiPearl ShusuiSanke-ShusuiGoshiki-ShusuiGinshiki-ShushuiGinshui-KinshuiKOROMO

Didapatkan berdasarkan perkawinan silang antara Asagi menggunakan Sanshoku. Ikan jenis ini memiliki rona dasar keperak-perakan atau biru yang terpapar di ikan koi atas rona merah & putih.

Berikut ini ikan koi yg termasuk kedalam jenis Koromo :Ai-Goromo (Koromo biru)Budo-SanshokuSumi-GoromoKoromo-SankeKigoiMatsubagoiSanke-ShusuiGoshikiKoromo-Showa/Ai-ShowaMidorogoiChagoiShu Chiku BaiHIKARI-MOYOMONO

Dalam bahasa jepang hikari memiliki arti keperak-perakan. Oleh karena itu ikan ini mempunyai sisik berwarna metalik. Dibebera khasus ikan ini mempunyai warna tambahan sampai 4 atau lima rona.

Berikut ini jenis-jenis Hikari-Moyomono :YamatonishikiHariwakeGinsuiKikusui (Yambuki)Hikari-MujiHikari-Utsurimono

Koi ini didapatkan dari perkawinan silang antara Utsurimono dengan Ogon. Koi ini terbagi sebagai empat jenis yakni :Kin ShowaGin ShowaGin ShiroKin Ki utsuriKAWARIMONO

Jenisnya tidak hanya satu melainkan ada poly macam, masing-masing mempunyai karakter rona & pola bercak yg berbeda :KarasuHajiroMatsukawabakeKigoiAkame kigoiChagoiMidoriYamabuki ogonKanokoKanoko kohakuKanoko showaKanoko sankeTANCHO

Ikan ini memiliki ciri khas yakni, masih ada belang bundarberwarna merah di bagian kepalanya

Terdapat beberapa jenis Tancho, diantaranya :Tansho-sankeTancho-KohakuTancho-Showa📈 TRENDING PENCARIAN

ikan koi ki utsuri- jenis jenis ikan koi-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *