Ciri dan Manfaat sebagai Pengusaha

Pengusaha memang salah satu yang dapat dijadikan peluang produksi yang inovatif, dan memiliki nilai keuntungan tersendiri, apalagi apabila kita mengerti bagaimana cara menjadi pengusaha sukses. Menjadi pengusaha yang sukses memiliki beberapa ciri dan manfaat untuk menunjang kehidupan kita. Berikut merupakan ciri-ciri yang harus ada apabila anda ingin dikatakan sebagai seorang pengusaha yang sukses:

  1. Harus memiliki produk usaha, jika anda ingin membuka usaha dengan cara memproduksi barang, maka yang harus diutamakan adalah mencari atau mensurvey ide-ide barang yang belum ada atau yang sangat diminati pasar. Produk yang dijual bisa juga menjual sebuah jasa, hal ini juga tidak jauh berbeda dengan produk dalam bentuk barang, harus mengutamakan survey pasar.
  2. Mendapatkan keuntungan melalui usaha yang dikerjakan. Bukan rahasia umum bahwa pengusaha adalah salah satu dari sekian banyak profesi yang diminati. Sehingga ketika sebagai profesi tidak bisa dipungkiri ini adalah salah satu jalan untuk mendapatkan keuntungan. Oleh sebab itu, seorang pengusaha akan mencari cara dan berinovasi agar lebih banyak meraup penghasilan.
  3. Memiliki dasar-dasar pengetahuan dalam berbisnis atau berniaga hal ini menjadi sangat penting, sebab dengan mengetahui dan memiliki perbekalan yang cukup dalam berbisnis akan meminimalisir adanya kegagalan dan gangguan dalam usaha. Yang paling terkenal dalam berbisnis harus mengenal SWOT sebagai dasar dalam mengembangkan usaha.

Sebagai pengusaha memiliki beberapa manfaat yang dapat menguntungkan di hari kedepannya. Selain mendapatkan keuntungan atau laba, pengusaha juga berlatih memimpin dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan dari dalam diri, membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain, mengembangkan diri dengan memperluas relasi dan kenalan baru, melatih anda untuk lebih baik dalam memanagement waktu, mengembangkan pengetahuan dan ilmu baru, dan yang paling penting usaha ini dapat anda wariskan pada keluarga anda.

Namun, bukan menjadi rahasia lagi apabila menjadi seorang pengusaha tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya. Berikut ini adalah beberapa contoh kekurangan dan kelebihan jika anda memilih pengusaha menjadi profesi:

  1. Kekurangan ketika menjadi seorang pengusaha: Pendapatan yang tidak pasti, resiko tinggi kehilangan banyak modal, memiliki jangka waktu kerja yang Panjang, butuh effort ketika merintis, tanggung jawab yang besar terlebih jika memiliki karyawan.
  2. Kelebihan menjadi pengusaha: Walau pendapatan tidak pasti, namun bila usaha yang digeluti sedang bahkan sudah berkembang pesat akan mendapatkan keuntungan yang besar pula, bebas inovasi dan mencoba dalam mengembangkan usaha, bebas memilih bidang apa yang diminati, membantu membuka lapangan kerja, menjadi pemilik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *